Latest Report

[vc_row][vc_column][vc_empty_space height=”90px” el_class=”clb__section_spacer”][/vc_column][/vc_row][vc_row full_width=”stretch_row” disable_element=”yes” side_background_title_typo=”null”][vc_column width=”3/12″][vc_empty_space height=”10px”][vc_single_image image=”23950″ img_size=”full” onclick=”custom_link” img_link_target=”_blank” link=”https://firebasestorage.googleapis.com/v0/b/rised-research.appspot.com/o/Full_Report_Tarif_Taksi_Daring_Jabodetabek_2022%5B1%5D.pdf?alt=media&token=b940bf8f-1426-4123-971f-acdb1ab62ebe”][vc_empty_space height=”50px” el_class=”clb__spacer”][/vc_column][vc_column width=”7/12″][vc_empty_space height=”10px”][ohio_heading subtitle_type_layout=”without_subtitle” module_type_layout=”on_left” heading_type=”h4″ title=”UGVyc2Vwc2klMjBLb25zdW1lbiUyMFRlcmhhZGFwJTIwUmVuY2FuYSUyMEtlbmFpa2FuJTIwVGFyaWYlMjBUYWtzaSUyME9ubGluZSUyMGRpJTIwSmFib2RldGFiZWslMjBUYWh1biUyMDIwMjI=” title_typo=”{“font_size“:““,“line_height“:““,“letter_spacing“:““,“color“:““,“weight“:“inherit“,“style“:“inherit“,“use_custom_font“:false}”][ohio_text text_typo=”{“font_size“:“14“,“line_height“:““,“letter_spacing“:““,“color“:““,“weight“:“inherit“,“style“:“inherit“,“use_custom_font“:false}”]Layanan transportasi daring berkontribusi besar terhadap perekonomian Indonesia dalam lima tahun terakhir. Contohnya, salah satu perusahaan aplikasi penyedia jasa layanan transportasi daring yaitu Gojek dengan seluruh layanan yang disediakan mampu berkontribusi sebesar Rp 249 triliun atau sekitar 1,6% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) tahun 2021 (Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia). Tidak hanya memberikan dampak berupa penciptaan lapangan kerja, layanan tersebut dapat pula menjadi alternatif pilihan bagi masyarakat dalam menggunakan transportasi publik dengan biaya yang relatif masih terjangkau.

Perkembangan penyediaan dan konsumsi jasa layanan ojek online relatif lebih besar daripada jenis layanan transportasi online lainnya yaitu taksi online. Peran layanan taksi online relatif kurang dieksplorasi. Hal ini ditunjukkan oleh keterbatasan informasi, data, hingga penelitian mengenai konsumsi dan kontribusi ekonomi taksi online. Padahal, tidak sedikit pula konsumen jasa layanan taksi online di Indonesia.[/ohio_text][vc_empty_space height=”30px”][ohio_button layout=”fill” shape_size=”small” shape_position=”left” link=”url:https%3A%2F%2Ffirebasestorage.googleapis.com%2Fv0%2Fb%2Frised-research.appspot.com%2Fo%2FFull_Report_Tarif_Taksi_Daring_Jabodetabek_2022%255B1%255D.pdf%3Falt%3Dmedia%26token%3Db940bf8f-1426-4123-971f-acdb1ab62ebe|title:Read%20%26%20Download|target:_blank” title_typo=”null” title_typo_hover=”{“font_size“:““,“line_height“:““,“letter_spacing“:““,“color“:“#000000“,“weight“:“inherit“,“style“:“inherit“,“use_custom_font“:false}” color=”brand”][/vc_column][vc_column width=”2/12″][/vc_column][/vc_row][vc_row full_width=”stretch_row” disable_element=”yes” side_background_title_typo=”null”][vc_column width=”3/12″][vc_empty_space height=”10px”][vc_single_image image=”23942″ img_size=”full” onclick=”custom_link” img_link_target=”_blank” link=”https://firebasestorage.googleapis.com/v0/b/rised-research.appspot.com/o/Full_Report_Tarif_Taksi_Daring_Kepri_2022.pdf?alt=media&token=5f7059fa-db7e-4a0c-aa05-e6b0beb96b45″][vc_empty_space height=”50px” el_class=”clb__spacer”][/vc_column][vc_column width=”7/12″][vc_empty_space height=”10px”][ohio_heading subtitle_type_layout=”without_subtitle” module_type_layout=”on_left” heading_type=”h4″ title=”UGVyc2Vwc2klMjBLb25zdW1lbiUyMFRlcmhhZGFwJTIwUmVuY2FuYSUyMEtlbmFpa2FuJTIwVGFyaWYlMjBUYWtzaSUyME9ubGluZSUyMGRpJTIwS2VwdWxhdWFuJTIwUmlhdSUyMFRhaHVuJTIwMjAyMg==” title_typo=”{“font_size“:““,“line_height“:““,“letter_spacing“:““,“color“:““,“weight“:“inherit“,“style“:“inherit“,“use_custom_font“:false}”][ohio_text text_typo=”{“font_size“:“14“,“line_height“:““,“letter_spacing“:““,“color“:““,“weight“:“inherit“,“style“:“inherit“,“use_custom_font“:false}”]Layanan transportasi daring berkontribusi besar terhadap perekonomian Indonesia dalam lima tahun terakhir. Contohnya, salah satu perusahaan aplikasi penyedia jasa layanan transportasi daring yaitu Gojek dengan seluruh layanan yang disediakan mampu berkontribusi sebesar Rp 249 triliun atau sekitar 1,6% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) tahun 2021 (Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia). Tidak hanya memberikan dampak berupa penciptaan lapangan kerja, layanan tersebut dapat pula menjadi alternatif pilihan bagi masyarakat dalam menggunakan transportasi publik dengan biaya yang relatif masih terjangkau.

Perkembangan penyediaan dan konsumsi jasa layanan ojek online relatif lebih besar daripada jenis layanan transportasi online lainnya yaitu taksi online. Peran layanan taksi online relatif kurang dieksplorasi. Hal ini ditunjukkan oleh keterbatasan informasi, data, hingga penelitian mengenai konsumsi dan kontribusi ekonomi taksi online. Padahal, tidak sedikit pula konsumen jasa layanan taksi online di Indonesia.[/ohio_text][vc_empty_space height=”30px”][ohio_button layout=”fill” shape_size=”small” shape_position=”left” link=”url:https%3A%2F%2Ffirebasestorage.googleapis.com%2Fv0%2Fb%2Frised-research.appspot.com%2Fo%2FFull_Report_Tarif_Taksi_Daring_Kepri_2022.pdf%3Falt%3Dmedia%26token%3D5f7059fa-db7e-4a0c-aa05-e6b0beb96b45|title:Read%20%26%20Download|target:_blank” title_typo=”null” title_typo_hover=”{“font_size“:““,“line_height“:““,“letter_spacing“:““,“color“:“#000000“,“weight“:“inherit“,“style“:“inherit“,“use_custom_font“:false}” color=”brand”][/vc_column][vc_column width=”2/12″][/vc_column][/vc_row][vc_row full_width=”stretch_row” disable_element=”yes” side_background_title_typo=”null”][vc_column width=”3/12″][vc_empty_space height=”10px”][vc_single_image image=”23939″ img_size=”full” onclick=”custom_link” img_link_target=”_blank” link=”https://firebasestorage.googleapis.com/v0/b/rised-research.appspot.com/o/Full_Report_Tarif_Taksi_Daring_Sulsel_2022.pdf?alt=media&token=c768d968-ff9b-4a89-b3b0-549986fa5a20″][vc_empty_space height=”50px” el_class=”clb__spacer”][/vc_column][vc_column width=”7/12″][vc_empty_space height=”10px”][ohio_heading subtitle_type_layout=”without_subtitle” module_type_layout=”on_left” heading_type=”h4″ title=”UGVyc2Vwc2klMjBLb25zdW1lbiUyMFRlcmhhZGFwJTIwUmVuY2FuYSUyMEtlbmFpa2FuJTIwVGFyaWYlMjBUYWtzaSUyME9ubGluZSUyMGRpJTIwU3VsYXdlc2klMjBTZWxhdGFuJTIwVGFodW4lMjAyMDIy” title_typo=”{“font_size“:““,“line_height“:““,“letter_spacing“:““,“color“:““,“weight“:“inherit“,“style“:“inherit“,“use_custom_font“:false}”][ohio_text text_typo=”{“font_size“:“14“,“line_height“:““,“letter_spacing“:““,“color“:““,“weight“:“inherit“,“style“:“inherit“,“use_custom_font“:false}”]Layanan transportasi daring berkontribusi besar terhadap perekonomian Indonesia dalam lima tahun terakhir. Contohnya, salah satu perusahaan aplikasi penyedia jasa layanan transportasi daring yaitu Gojek dengan seluruh layanan yang disediakan mampu berkontribusi sebesar Rp 249 triliun atau sekitar 1,6% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) tahun 2021 (Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia). Tidak hanya memberikan dampak berupa penciptaan lapangan kerja, layanan tersebut dapat pula menjadi alternatif pilihan bagi masyarakat dalam menggunakan transportasi publik dengan biaya yang relatif masih terjangkau.

Perkembangan penyediaan dan konsumsi jasa layanan ojek online relatif lebih besar daripada jenis layanan transportasi online lainnya yaitu taksi online. Peran layanan taksi online relatif kurang dieksplorasi. Hal ini ditunjukkan oleh keterbatasan informasi, data, hingga penelitian mengenai konsumsi dan kontribusi ekonomi taksi online. Padahal, tidak sedikit pula konsumen jasa layanan taksi online di Indonesia.[/ohio_text][vc_empty_space height=”30px”][ohio_button layout=”fill” shape_size=”small” shape_position=”left” link=”url:https%3A%2F%2Ffirebasestorage.googleapis.com%2Fv0%2Fb%2Frised-research.appspot.com%2Fo%2FFull_Report_Tarif_Taksi_Daring_Sulsel_2022.pdf%3Falt%3Dmedia%26token%3Dc768d968-ff9b-4a89-b3b0-549986fa5a20|title:Read%20%26%20Download|target:_blank” title_typo=”null” title_typo_hover=”{“font_size“:““,“line_height“:““,“letter_spacing“:““,“color“:“#000000“,“weight“:“inherit“,“style“:“inherit“,“use_custom_font“:false}” color=”brand”][/vc_column][vc_column width=”2/12″][/vc_column][/vc_row][vc_row full_width=”stretch_row” disable_element=”yes” side_background_title_typo=”null”][vc_column width=”3/12″][vc_empty_space height=”10px”][vc_single_image image=”23934″ img_size=”full” onclick=”custom_link” img_link_target=”_blank” link=”https://firebasestorage.googleapis.com/v0/b/rised-research.appspot.com/o/Full_Report_Tarif_Taksi_Daring_Jatim_2022%5B1%5D.pdf?alt=media&token=7f890dce-5e27-410a-9fc8-12d7ebf10eae”][vc_empty_space height=”50px” el_class=”clb__spacer”][/vc_column][vc_column width=”7/12″][vc_empty_space height=”10px”][ohio_heading subtitle_type_layout=”without_subtitle” module_type_layout=”on_left” heading_type=”h4″ title=”UGVyc2Vwc2klMjBLb25zdW1lbiUyMFRlcmhhZGFwJTIwUmVuY2FuYSUyMEtlbmFpa2FuJTIwVGFyaWYlMjBUYWtzaSUyME9ubGluZSUyMGRpJTIwSmF3YSUyMFRpbXVyJTIwVGFodW4lMjAyMDIy” title_typo=”{“font_size“:““,“line_height“:““,“letter_spacing“:““,“color“:““,“weight“:“inherit“,“style“:“inherit“,“use_custom_font“:false}”][ohio_text text_typo=”{“font_size“:“14“,“line_height“:““,“letter_spacing“:““,“color“:““,“weight“:“inherit“,“style“:“inherit“,“use_custom_font“:false}”]Layanan transportasi daring berkontribusi besar terhadap perekonomian Indonesia dalam lima
tahun terakhir. Contohnya, salah satu perusahaan aplikasi penyedia jasa layanan transportasi daring
yaitu Gojek dengan seluruh layanan yang disediakan mampu berkontribusi sebesar Rp 249 triliun
atau sekitar 1,6% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) tahun 2021 (Lembaga Demografi Fakultas
Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia). Tidak hanya memberikan dampak berupa penciptaan
lapangan kerja, layanan tersebut dapat pula menjadi alternatif pilihan bagi masyarakat dalam
menggunakan transportasi publik dengan biaya yang relatif masih terjangkau.
Perkembangan penyediaan dan konsumsi jasa layanan ojek online relatif lebih besar daripada
jenis layanan transportasi online lainnya yaitu taksi online. Peran layanan taksi online relatif kurang
dieksplorasi. Hal ini ditunjukkan oleh keterbatasan informasi, data, hingga penelitian mengenai
konsumsi dan kontribusi ekonomi taksi online. Padahal, tidak sedikit pula konsumen jasa layanan
taksi online di Indonesia.[/ohio_text][vc_empty_space height=”30px”][ohio_button layout=”fill” shape_size=”small” shape_position=”left” link=”url:https%3A%2F%2Ffirebasestorage.googleapis.com%2Fv0%2Fb%2Frised-research.appspot.com%2Fo%2FFull_Report_Tarif_Taksi_Daring_Jatim_2022%255B1%255D.pdf%3Falt%3Dmedia%26token%3D7f890dce-5e27-410a-9fc8-12d7ebf10eae|title:Read%20%26%20Download|target:_blank” title_typo=”null” title_typo_hover=”{“font_size“:““,“line_height“:““,“letter_spacing“:““,“color“:“#000000“,“weight“:“inherit“,“style“:“inherit“,“use_custom_font“:false}” color=”brand”][/vc_column][vc_column width=”2/12″][/vc_column][/vc_row][vc_row full_width=”stretch_row” disable_element=”yes” side_background_title_typo=”null”][vc_column width=”3/12″][vc_empty_space height=”10px”][vc_single_image image=”23915″ img_size=”full” onclick=”custom_link” img_link_target=”_blank” link=”https://firebasestorage.googleapis.com/v0/b/rised-research.appspot.com/o/270822%20Full%20Report%20Revisi_Tarif%20Ojek%20Daring%202022_EDIT_RINGKASAN%20EKSEKUTIF_V2.pdf?alt=media&token=c700ca9f-22b4-4abd-80cf-aab9fdcfa19a”][vc_empty_space height=”50px” el_class=”clb__spacer”][/vc_column][vc_column width=”7/12″][vc_empty_space height=”10px”][ohio_heading subtitle_type_layout=”without_subtitle” module_type_layout=”on_left” heading_type=”h4″ title=”UGVyc2Vwc2klMjBLb25zdW1lbiUyMHRlcmhhZGFwJTIwS2VuYWlrYW4lMjBUYXJpZiUyME9qZWslMjBEYXJpbmclMjBkaSUyMEluZG9uZXNpYSUyMFRhaHVuJTIwMjAyMg==” title_typo=”{“font_size“:““,“line_height“:““,“letter_spacing“:““,“color“:““,“weight“:“inherit“,“style“:“inherit“,“use_custom_font“:false}”][ohio_text text_typo=”{“font_size“:“14“,“line_height“:““,“letter_spacing“:““,“color“:““,“weight“:“inherit“,“style“:“inherit“,“use_custom_font“:false}”]Berdasarkan Kepmenhub Nomor 564 Tahun 2022 tentang Pedoman Perhitungan Biaya Jasa Pengguna Sepeda Motor yang Digunakan Untuk Kepentingan Masyarakat yang Dilakukan Dengan Aplikasi yang dikeluarkan pada tanggal 4 Agustus 2022, pemerintah hendak meningkatkan batas tarif per kilometer dan tarif minimum layanan ojek daring sebesar 30% – 60%.
Dengan menggunakan sampel sebanyak 1.000 responden dari 9 wilayah di Indonesia, RISED melakukan penelitian tentang persepsi konsumen ojek daring terhadap aturan kenaikan tarif tersebut.
Studi menemukan bahwa sebanyak 73,8% responden pengguna ojek daring ingin kebijakan tarif minimum ini dikaji ulang karena kerelaan membayar atau willingness to pay yang relatif lebih rendah daripada kenaikan tarif. Jika diklasifikasi per zona wilayah, penolakan tertinggi terdapat di zona II (Jabodetabek) dengan tingkat penolakan sebesar 76,97%. Di zona I, tingkat penolakan sebesar 69,19% dan di zona III sebesar 68,18%. Apabila tarif ojek daring tetap naik sesuai Kepmenhub No. 564/2022, maka 53,3% responden menyatakan akan kembali menggunakan kendaraan pribadi.[/ohio_text][vc_empty_space height=”30px”][ohio_button layout=”fill” shape_size=”small” shape_position=”left” link=”url:https%3A%2F%2Ffirebasestorage.googleapis.com%2Fv0%2Fb%2Frised-research.appspot.com%2Fo%2F270822%2520Full%2520Report%2520Revisi_Tarif%2520Ojek%2520Daring%25202022_EDIT_RINGKASAN%2520EKSEKUTIF_V2.pdf%3Falt%3Dmedia%26token%3Dc700ca9f-22b4-4abd-80cf-aab9fdcfa19a|title:Read%20%26%20Download|target:_blank” title_typo=”null” title_typo_hover=”{“font_size“:““,“line_height“:““,“letter_spacing“:““,“color“:“#000000“,“weight“:“inherit“,“style“:“inherit“,“use_custom_font“:false}” color=”brand”][/vc_column][vc_column width=”2/12″][/vc_column][/vc_row][vc_row full_width=”stretch_row” disable_element=”yes” side_background_title_typo=”null”][vc_column width=”3/12″][vc_empty_space height=”10px”][vc_single_image image=”23863″ img_size=”full” onclick=”custom_link” img_link_target=”_blank” link=”https://firebasestorage.googleapis.com/v0/b/rised-research.appspot.com/o/Kemitraan%20Transportasi%20Daring%20Selama%20Masa%20Pandemi%20Covid-19.pdf?alt=media&token=08209acd-5bb4-4228-ba6d-ba9e666544f9″][vc_empty_space height=”50px” el_class=”clb__spacer”][/vc_column][vc_column width=”7/12″][vc_empty_space height=”10px”][ohio_heading subtitle_type_layout=”without_subtitle” module_type_layout=”on_left” heading_type=”h4″ title=”S2VtaXRyYWFuJTIwVHJhbnNwb3J0YXNpJTIwRGFyaW5nJTIwU2VsYW1hJTIwTWFzYSUyMFBhbmRlbWklMjBDT1ZJRC0xOQ==” title_typo=”{“font_size“:““,“line_height“:““,“letter_spacing“:““,“color“:““,“weight“:“inherit“,“style“:“inherit“,“use_custom_font“:false}”][ohio_text text_typo=”{“font_size“:“14“,“line_height“:““,“letter_spacing“:““,“color“:““,“weight“:“inherit“,“style“:“inherit“,“use_custom_font“:false}”]Pandemi COVID-19 yang berjalan hingga lebih dari satu tahun menyebabkan krisis multidimensi di dunia, termasuk Indonesia. Dari sisi ekonomi, penurunan kinerja di hampir seluruh sektor perekonomian menyebabkan peningkatan pengangguran dan meningkatnya jumlah penduduk miskin (Suryahadi, Izzati, dan Suryadarma, 2020). Di tengah menurunnya kinerja ekonomi selama pandemi COVID-19, perkembangan di sektor digital justru mengalami peningkatan yang signifikan. Di tengah menurunnya kinerja ekonomi selama pandemi COVID-19, perkembangan di sektor digital justru mengalami peningkatan yang signifikan. Sektor ekonomi digital mampu bertahan dengan pertumbuhan positif sebesar 11% pada tahun 2020 jika dibandingkan dengan 2019, sehingga dapat terus menyediakan peluang ekonomi terutama bagi sektor UMKM dan tenaga kerja informal di Indonesia (Google, Temasek, & Bain, 2020). Sektor sharing economy relatif bertahan dalam masa pandemi dan berpotensi memberikan buffer ekonomi.[/ohio_text][vc_empty_space height=”30px”][ohio_button layout=”fill” shape_size=”small” shape_position=”left” link=”url:https%3A%2F%2Ffirebasestorage.googleapis.com%2Fv0%2Fb%2Frised-research.appspot.com%2Fo%2FKemitraan%2520Transportasi%2520Daring%2520Selama%2520Masa%2520Pandemi%2520Covid-19.pdf%3Falt%3Dmedia%26token%3D08209acd-5bb4-4228-ba6d-ba9e666544f9|title:Read%20%26%20Download|target:_blank” title_typo=”null” title_typo_hover=”{“font_size“:““,“line_height“:““,“letter_spacing“:““,“color“:“#000000“,“weight“:“inherit“,“style“:“inherit“,“use_custom_font“:false}” color=”brand”][/vc_column][vc_column width=”2/12″][/vc_column][/vc_row][vc_row full_width=”stretch_row” disable_element=”yes” side_background_title_typo=”null”][vc_column width=”3/12″][vc_empty_space height=”10px”][vc_single_image image=”23213″ img_size=”full” onclick=”custom_link” img_link_target=”_blank” link=”https://firebasestorage.googleapis.com/v0/b/rised-research.appspot.com/o/%5BREPORT%5D%20Paylater.pdf?alt=media&token=4c208d0f-ace5-4eb2-b11e-53413a2933ba”][vc_empty_space height=”50px” el_class=”clb__spacer”][/vc_column][vc_column width=”7/12″][vc_empty_space height=”10px”][ohio_heading subtitle_type_layout=”without_subtitle” module_type_layout=”on_left” heading_type=”h4″ title=”UGVyc2Vwc2klMjBQYXNhciUyMFRlcmhhZGFwJTIwUGVtYW5mYWF0YW4lMjBGaXR1ciUyMFBlbWJheWFyYW4lMjBQYXlsYXRlcg==” title_typo=”{“font_size“:““,“line_height“:““,“letter_spacing“:““,“color“:““,“weight“:“inherit“,“style“:“inherit“,“use_custom_font“:false}”][ohio_text text_typo=”{“font_size“:“14“,“line_height“:““,“letter_spacing“:““,“color“:““,“weight“:“inherit“,“style“:“inherit“,“use_custom_font“:false}”]Dewasa ini, pengembangan ekonomi digital menjadi salah satu agenda pembangunan pemerintah Indonesia. Langkah awal yang dilakukan adalah dengan mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 74 Tahun 2017 tentang Peta Jalan Sistem Perdagangan Nasional Berbasis Elektronik (Road Map E-Commerce) Tahun 2017-2019 untuk mendukung aktivitas e-commerce. Dengan regulasi tersebut, pemerintah bertujuan untuk memaksimalkan potensi ekonomi digital melalui percepatan pengembangan sistem perdagangan nasional berbasis digital, usaha rintisan berbasis digital (start-up), dan sistem logistik yang terintegrasi. Selanjutnya, strategi pengembangan ekonomi digital secara umum tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 (Bappenas, 2019). Akselerasi sektor ekonomi kreatif dan digital menjadi salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang merata dan berkualitas. Untuk mencapai targetnya, pemerintah menjadikan transformasi digital sebagai salah satu aspek percepatan pembangunan.[/ohio_text][vc_empty_space height=”30px”][ohio_button layout=”fill” shape_size=”small” shape_position=”left” link=”url:https%3A%2F%2Ffirebasestorage.googleapis.com%2Fv0%2Fb%2Frised-research.appspot.com%2Fo%2F%255BREPORT%255D%2520Paylater.pdf%3Falt%3Dmedia%26token%3D4c208d0f-ace5-4eb2-b11e-53413a2933ba|title:Read%20%26%20Download|target:_blank” title_typo=”null” title_typo_hover=”{“font_size“:““,“line_height“:““,“letter_spacing“:““,“color“:“#000000“,“weight“:“inherit“,“style“:“inherit“,“use_custom_font“:false}” color=”brand”][/vc_column][vc_column width=”2/12″][/vc_column][/vc_row][vc_row disable_element=”yes” side_background_title_typo=”null”][vc_column][vc_empty_space height=”90px” el_class=”clb__section_spacer”][/vc_column][/vc_row][vc_row full_width=”stretch_row” disable_element=”yes” side_background_title_typo=”null”][vc_column width=”3/12″][vc_empty_space height=”10px”][vc_single_image image=”22162″ img_size=”full” onclick=”custom_link” img_link_target=”_blank” link=”https://bit.ly/latest-report-1″][vc_empty_space height=”50px” el_class=”clb__spacer”][/vc_column][vc_column width=”7/12″][vc_empty_space height=”10px”][ohio_heading subtitle_type_layout=”without_subtitle” module_type_layout=”on_left” heading_type=”h4″ title=”UGVyc2Vwc2klMjBLb25zdW1lbiUyMHRlcmhhZGFwJTIwS2VuYWlrYW4lMjBUYXJpZiUyME1pbmltdW0lMjBKYXNhJTIwT2playUyMERhcmluZw==” title_typo=”{“font_size“:““,“line_height“:““,“letter_spacing“:““,“color“:““,“weight“:“inherit“,“style“:“inherit“,“use_custom_font“:false}”][ohio_text text_typo=”{“font_size“:“14“,“line_height“:““,“letter_spacing“:““,“color“:““,“weight“:“inherit“,“style“:“inherit“,“use_custom_font“:false}”]Sharing economy merupakan sebuah konsep baru aktivitas ekonomi yang didefinisikan sebagai aktivitas berbagi antar aktor ekonomi yang bertujuan memaksimalkan manfaat sebuah asset atau faktor produksi yang belum maksimal (idle assets) (Retaman, 2017). Namun, aktivitas tersebut tidak mengakomodasi transfer kepemilikan faktor produksi maupun asset, seperti modal fisik yang meliputi mesin produksi, kendaraan, dan gedung. Artinya, aset atau faktor produksi yang dimiliki oleh satu pihak, digunakan secara berbarengan dengan pihak lain tanpa ada perpindahan kepemilikan diantara keduanya. Pada umumnya, sharing economy dilakukan melalui platform digital (Dalberg, 2016: 2). Contohnya adalah layanan transportasi daring seperti GO-Jek dan Grab.[/ohio_text][vc_empty_space height=”30px”][ohio_button layout=”fill” shape_size=”small” shape_position=”left” link=”url:https%3A%2F%2Fbit.ly%2Flatest-report-1|title:Read%20%26%20Download|target:_blank” title_typo=”null” title_typo_hover=”{“font_size“:““,“line_height“:““,“letter_spacing“:““,“color“:“#000000“,“weight“:“inherit“,“style“:“inherit“,“use_custom_font“:false}” color=”brand”][/vc_column][vc_column width=”2/12″][/vc_column][/vc_row][vc_row disable_element=”yes” side_background_title_typo=”null”][vc_column][vc_empty_space height=”90px” el_class=”clb__section_spacer”][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][ohio_accordion accordion_tabs_type=”`{`object Object`}`”][ohio_accordion_inner title=”Section 2″ tab_id=”1712558502001-7b9014cd-a760″ heading=”Studi Tanggapan Pekerja Gig Atas Rencana Pembatasan Jam Kerja Pekerjaan Gig” heading_typo=”null” content_typo=”null”][ohio_text text_typo=”null”]

[/ohio_text][/ohio_accordion_inner][ohio_accordion_inner title=”Section 1″ tab_id=”1668498054649-724ae2de-73b9″ heading=”Persepsi Konsumen Terhadap Rencana Kenaikan Tarif Taksi Online di Indonesia Tahun 2022″ heading_typo=”null” content_typo=”null”][ohio_text text_typo=”null”] [/ohio_text][/ohio_accordion_inner][ohio_accordion_inner title=”Section 2″ tab_id=”1668498054668-be2ac75d-1462″ heading=”Persepsi Konsumen terhadap Kenaikan Tarif Ojek Daring di Indonesia Tahun 2022″ heading_typo=”null” content_typo=”null”][ohio_text text_typo=”null”] [/ohio_text][/ohio_accordion_inner][ohio_accordion_inner title=”Section 2″ tab_id=”1668501114937-252c6822-4654″ heading=”Persepsi Pasar Terhadap Pemanfaatan Fitur Pembayaran Paylater” heading_typo=”null” content_typo=”null”][ohio_text text_typo=”null”] [/ohio_text][/ohio_accordion_inner][ohio_accordion_inner title=”Section 2″ tab_id=”1668502369561-d4250946-37f2″ heading=”Persepsi Konsumen terhadap Kenaikan Tarif Minimum Jasa Ojek Daring” heading_typo=”null” content_typo=”null”][ohio_text text_typo=”null”] [/ohio_text][/ohio_accordion_inner][/ohio_accordion][vc_empty_space height=”90px” el_class=”clb__section_spacer”][/vc_column][/vc_row]